"" "" "" Obat Herbal Indonesia: Wah, Makan Kulit Apel Bisa Cegah Radang Usus

Sabtu, 03 Desember 2011

Wah, Makan Kulit Apel Bisa Cegah Radang Usus


Makanlah apel dengan kulitnya karena kulit apel memiliki antioksidan yang bisa mencegah peradangan usus. Tapi ingat cuci dulu kulitnya jangan sampai ada lilin atau bekas pestisidanya yang masih menempel ikut termakan.

Dalam studi sebelumnya telah diketahui bahwa kulit apel bisa meningkatkan massa otot hingga 15 persen. Meski otot membesar, berat badan secara keseluruhan tidak bertambah karena kulit apel juga membakar 50 persen lemak jahat dalam tubuh.

Kini studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Leukocyte Biology menemukan konsumsi polifenol (antioksidan yang ditemukan pada kulit apel) secara oral bisa menekan aktivitas sel T untuk mencegah radang usus pada hewan percobaan.

Studi ini menunjukkan peran dari sel T terhadap penyakit autoimun dan bisa menjadi terapi serta perawatan baru bagi orang yang memiliki gangguan peradangan usus seperti ulcerative colitis, penyakit Crohn dan radang usus yang terkait dengan kanker usus.

Sebagian besar orang dengan radang usus menggunakan beberapa suplemen makanan untuk melengkapi terapi konvensionalnya, tapi hanya sedikit orang yang tahu bagaimana terapi ini bekerja.

"Hasil kami menunjukkan bahwa produk alami yang ditemukan dalam kulit apel bisa menekan peradangan usus oleh inflamasi sel T dalam meningkatkan perlawanan terahdap penyakit autoimun," ujar David W Pascual, PhD, peneliti yang terlibat dari Departemen Imunologi dan Penyakit Infeksi dari Montana State University di Bozeman, Montana, seperti dikutip dari MedIndia, Sabtu (3/12/2011).

Selain manfaat kesehatan yang jelas dari nutrisi dan serat dalam buah-buahan dan sayuran, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kulit apel mengandung senyawa sehat lainnya yang bisa memiliki nilai terapeutik serius.

Sumber: http://www.detikhealth.com/read/2011/12/03/080314/1781652/766/wah-makan-kulit-apel-bisa-cegah-radang-usus?l1101755

2 komentar:

  1. thx buat info'y ea...,,,kebetulan Q sangat mem'favoritkan apel untuk kehalusan kulit...hehehehee...ternyata juga buat usus ea...

    BalasHapus
  2. thank Gan info and articles on your blog nice and helpful, always successful and best regards bloggers, bloggers from my blog sprei
    bed cover murah

    BalasHapus