"" "" "" Obat Herbal Indonesia: Olahraga Sambil Dengar Musik Bisa Mengurangi Rasa Lelah

Selasa, 14 Juni 2011

Olahraga Sambil Dengar Musik Bisa Mengurangi Rasa Lelah


Mendengarkan musik selama olahraga punya banyak manfaat. Selain bisa meningkatkan kemampuan untuk berolahraga lebih lama dan lebih keras, olahraga sambil dengar musik juga mengurangi rasa lelah karena badan menjadi lebih semangat.

Dokter dan peneliti mengungkapkan bahwa musik bisa meningkatkan motivasi, kosentrasi, kebugaran, komitmen dan juga kesenangan ketika seseorang berolahraga. Sebuah studi dilakukan untuk mengetahui efek positif apa saja yang bisa didapatkan jika seseorang berolahraga sambil mendengarkan musik.

Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan, seperti dikutip dari Lifemojo, Selasa (14/6/2011) yaitu:

Musik bisa mengalihkan perhatian dari latihan berulang sehingga menghindari rasa lelah, capek dan kebosanan
Musik bisa mengurangi faktor yang berkontribusi terhadap rasa sakit, kecemasan, ketegangan dan ketidaknyamanan
Musik bertindak sebagai stimulan yang bisa meningkatkan kinerja. Hal ini karena tingkat respirasi dan jantung meningkat yang akan berdampak pada porsi latihan
Mendorong suasana hati positif sehingga menghindari segala jenis pikiran negatif
Membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan dan menarik
Jenis musik yang dipilih juga berkaitan dengan kekuatan fisik, musik yang menenangkan bisa menurunkan kemampuan latihan otot potensial sedangkan musik cepat dapat meningkatkan ketegangan otot.
Gerakan tubuh dari irama musik bisa meningkatkan hasil yang didapatkan
Irama musik yang didengar bisa meningkatkan keterampilan fisik dan motorik.

Meski begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berolahraga sambil mendengarkan musik yaitu:

Mengganti lagu yang didengar secara teratur sehingga bisa menghindari kebosanan
Atur volume suara secara normal dan hindari musik dengan suara keras karena bisa merusak pendengaran. Jika berolahraga di jalan umum, atur volume hingga masih bisa menyadari suara lain seperti sinyal lalu lintas atau peringatan
Jangan menggunakan musik sebagai alasan untuk mendorong tubuh olahraga berlebihan melebihi batas. Untuk itu waspadai tanda-tanda dari kelelahan berlebih.

Musik terbaik yang bisa didengarkan saat olahraga bersifat subyektif, dengarkan musik yang disukai baik itu rap, pop, R&B atau pun lagu rock dengan lagu yang bisa meningkatkan energi positif.

Sumber: http://health.detik.com/read/2011/06/14/081656/1659584/766/olahraga-sambil-dengar-musik-bisa-mengurangi-rasa-lelah?l991101755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar