"" "" "" Obat Herbal Indonesia: Tahun Kelinci Emas Bagus untuk Berhenti Merokok

Kamis, 03 Februari 2011

Tahun Kelinci Emas Bagus untuk Berhenti Merokok


Bagi perokok, inilah waktu yang tepat untuk berhenti sebab elemen emas di tahun kelinci kali ini berhubungan dengan kesehatan saluran pernapasan.

Astrologi atau ilmu perbintangan China mengenal 4 elemen yakni api, tanah, emas atau logam, air dan kayu. Tahun 2011 ini adalah tahun kelinci yang didominasi oleh elemen logam sehingga disebut juga Tahun Kelinci Emas.

Dalam ilmu pengobatan tradisional China, keempat elemen ini berhubungan dengan organ-organ tertentu dalam tubuh manusia. Elemen logam mewakili beberapa sistem organ termasuk pencernaan, imunitas atau kekebalan tubuh, kulit dan terutama pernapasan.

Melemahnya sistem kekebalan tubuh di Tahun Kelinci Emas mendatang akan membuat sistem pernapasan mudah mengalami infeksi. Mulai dari yang ringan seperti flu dan batuk, hingga yang agak serius seperti bronkitis dan pneumonia.

Meningkatnya risiko gangguan sistem kekebalan tubuh dan pernapasan bisa diperparah oleh kebiasaan merokok. Asap rokok memberikan radikal bebas yang melemahkan sel-sel di dalam tubuh, sekaligus memberikan dampak secara langsung pada sistem pernapasan karena memicu sesak napas.

"Tahun Kelinci Emas 2011 merupakan waktu yang tepat untuk berhenti merokok," ungkap seorang pakar kesehatan dari Complete Oriental Medical Care di Minneapolis, Steven Sonmore, L.Ac seperti dikutip dari Wellsphere.com, Rabu (2/2/2011).

Selain berhenti merokok, Sonmore menyarankan agar konsumsi sayur dan buah-buahan diperbanyak. Jenis makanan ini merupakan sumber vitamin yang sangat kaya, yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus menangkal dampak merugikan dari radikal bebas.

Sonmore juga menganjurkan setiap orang untuk sedapat mungkin menghindari atau paling tidak mengurangi stres di tahun ini. Stres akan semakin melemahkan sistem kekebalan tubuh dan akan meningkatkan risiko infeksi saluran pencernaan terutama di lambung dan usus besar.

Sumber : http://health.detik.com/read/2011/02/02/130359/1558885/766/tahun-kelinci-emas-bagus-untuk-berhenti-merokok?l993306763

Tidak ada komentar:

Posting Komentar